Wednesday, September 18, 2013

Mitsubishi Outlander PHEV, Siap Mendarat di IIMS 2013

Rental Mobil Aceh - Mitsubishi sebentar lagi memaripurnakan janji yang dikemukakan sejak awal tahun, yakni memboyong Outlander Sport Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) ke Indonesia. Pada Februari lalu, Direktur Pemasaran Eksekutif PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB) Rizwan Alamsyah memang pernah mengatakan bakal berusaha membawa sport utility vehicle (SUV) yang melakukan debut globalnya di ajang bergengsi Paris Motor Show 2012 silam.

Saat itu ia menjelaskan, sebagai salah satu mobil terobosan Mitsubishi, KTB harus mengambil "nomor antrean" terlebih dahulu dan bersaing dengan negara negara lain untuk waktu pendaratan mobil yang di Jepang dibanderol seharga 3,2 juta yen tersebut.
"Kita tertarik untuk meluncurkan Outlander PHEV. Mudah mudahan kita dapat kesempatan duluan," ungkapnya.

Lima bulan berselang, kabar positif itu akhirnya datang juga. Di sela acara Buka Puasa Bersama Mitsubishi (19/2/2013), Rizwan mengungkapkan Outlader PHEV bakal menampakkan diri untuk pertama kalinya di Tanah Air pada September, bersamaan dengan perhelatan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2013. "Ya, rencana yang dikatakan dulu insya ALLAH akan dipertunjukkan di IIMS 2013.

Sejatinya, apa istimewanya si roda empat yang satu ini ?
Lama daring mitsubishi-motors.com mengklaim Outlader PHEV merupakan SUV dengan plug-in hybrid pertama di dunia. Teknologi motor listrik yang disematkan di dalam kap depannya merupakan warisan dari mobil listrik Mitsubishi i-MiEV.

Website resmi pabrikan asal Jepang itu menyebut Outlander PHEV dapat berjalan sepanjang 55 Km dengan hanya mengandalkan tenaga dari baterai ion-lithium 12 kwh. Adapun kombinasi antara daya listrik dan mesin bensinnya ditargetkan mampu membuat melaju sampai 880 km.

Bersama baterai ion-lithium 12 kwh itu tersemat satu motor listrik di roda belakang dan satu motor listrik di roda depan. Motor listrik tersebut diproyeksikan mampu melontarkan tenaga sampai 81 ps dan torsi 195 Nm.

Bicara tentang mobil Hibrida, berarti bicara pula tentang efesiensi bahan bakar minyak (BBM) yang memang menjadi tujuannya. Mengenai hal itu, mitsubishi-motors.cpm memproyeksikan rasio pemakaian BBM saat mengendarai Outlander PHEV sangat efisien, hanya 61 Km/ liter.

Motor listriknya menurut Rizwan pada awal tahun, bisa pula melakukan proses pengisian tenaga (charging) secara otomatis atau istilah awamnya bisa disebut self charging.
"Sebenarnya bisa juga diisini dengan colokan listrik di rumah. Tapi, kalau tidak sempat Outlader PHEV bisa mengisi sendiri baterainya saat mobil jalan. Sumber Bisnis Indonesia - Rental Mobil Aceh

No comments:

Post a Comment